Persiapan Pernikahan yang Bisa Kamu Cicil Jauh-jauh Hari, Agar Tidak Banyak Repot Nanti



Dilema persiapan nikah yang ribetnya nggak ketulungan udah sering kamu dengar dari mulut ke mulut sahabat-temanmu yang telah menikah. Tambahan-tambahan bagaimana rasa pusing serta lelahnya mempersiapkan itu seluruh malah sudah mulai kau bayangkan. Apalagi kamu memang inginnya acara pernikahnmu ini istimewa dan dapat jadi kenangan untuk kalian juga orang-orang terdekat.

Kiranya mempersiapkan semua sesuatunya dengan dadakan justru membuatmu keteteran. Nggak ada salahnya sekiranya kau mempersiapkannya dari jauh-jauh hari pun sebelum hari pernikahannya sendiri ditetapkan. Dan kaprah-kira apa saja yang bisa kalian angsur dari sekarang? Yuk, seketika diintip tulisan Hipwee kali ini, demi persiapan matang yang nggak repot dan memusingkan.

1. Menyiapkan kain kebaya untukmu di pelaminan beserta seragam untuk para kerabat, dapat lho mulai diangsur sedikit demi sedikit

Bahkan sebelum punya pasangan ataupun wacana nikah hadir, kebanyakan cewek telah impian sendiri baju pengantin seperti apa yang kelak akan diaplikasikan. Ada yang inginnya memakai gaun simpel sedikit klasik. Ada juga yang berkeinginan memakai kebaya tradisional atau baju adat sesuai tempat asal. Apapup teladan baju pengantin yang kau kenakan, menyiapkan sedari sekarang resmi-legal saja.

Tinggal kamu pilih berharap menyewa atau membikin. Apabila menyewa, toh kamu dapat mencari dari kini penyewaan kebaya yang memang baik kualitasnya. Padahal kau yang mau membuatnya sendiri, menyicil bahannya dari sekarang pastinya lebih bagus. Jangan lupa juga menyicil bahan-bahan untuk seragam para kerabat. Toh bahan atau kain-kain itu bisa disimpan sampai kapan saja dan tidak perlu khawatir rusak sekiranya disimpan dengan bagus.

2. Padahal tanggal belum ada, ancang-ancang akan mengadakan di gedung atau di rumah malahan telah semestinya dipikirkan matang-matang
dekorasi nikahan

Menyewa gedung atau memanfaatkan halaman rumah sendiri, kau bisa memilihnya sedari kini. Jikalau berharap menyewa gedung, mencari gedung di mana yang seandainya cocok dan sesuai budget. Namun bila berharap mengadakan acara di rumah sendiri, mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan mulai dari tenda hingga dekorasi yang cocok perlu mulai dicatat olehmu. Jadi nanti, ideal tanggal sudah ada, kau sudah tahu akan menyewa gedung atau kemah dan segala perlengkapan di mana.

3. Kelihatannya sepele, tapi printilan seperti souvenir bisa lebih tenang seandainya kamu cari atau tentukan dari kini
nyicil souvenir

Ini dia yang kerap kali kali disiapkan secara dadakan oleh para calon pengantin. Souvenir atau cinderamata untuk tamu memang kelihatannya sepele, sebab benda-benda itu memang tak terlalu susah untuk didapat. Meski yang remeh ini bisa buat kamu pusing sekiranya saja mendadak kamu baru ingat dikala mendekati hari H. Nah, agar kau tidak memikirkannya lagi kelak, menyiapkan souvenir apa yang akan dikasih ke tamu bisa diangsur dari kini.

Semisal kau yang berharap souvenirnya nanti unik dan tak mainstream, seperti tanaman katus hias yang mungil-imut, kantong berukuran sedang berisi biji kopi, atau bibit tanaman. Apa itu sekiranya sudah dipilih dan dikredit dari sekarang, pastinya tak merepotkanmu kelak.

4. Ketimbang akhir pekan membisu di rumah, mending sesekali kamu datang icip-icip makanan ke vendor katering, mencari sekaligus menduga biayanya

Kecuali gedung dan busana pengantinya, pelayanan katering jadi salah satu hal utama yang perlu dipandang baik-baik. Karena ini menyangkut jamuan untuk para tamu undangan kelak. Kau tidak bisa sembarangan, bukankah keinginanmu para tetamu ini dapat merasakan kebahagian yang kamu dan pasangan rasakan.

Jadi, apabila sekarang kamu mulai datang ke acara-acara yang diadakan vendor katering untuk icip-icip jasa makanan mereka itu lebih bagus. Kau jadi dapat mengira-ngira jasa katering mana yang akan diaplikasikan serta sangkaan biayanya. Demi memuaskan tetamu dengan bagus tetapi nggak bikin kau pusing tujuh keliling.

5. Memperkirakan siapa saja yang perlu diundang nanti di acara bahagiamu bahkan, tidak ada salahnya seandainya dihitung sejak dini
siapa aja nih yang ingin di undang

Siapa saja yang akan diundang, itu lebih penting lagi sebetulnya. Dari banyaknya tetamu yang diundanglah kamu bisa mempertimbangkan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk menyewa gedung, seberapa banyak jasa katering yang diorder, hingga souvenir-souvenir yang diperlukan. Sebab itu, menghitung sedari kini orang yang akan diundang penting kau lakukan.

6. Perlu kamu tahu sejak kini apa saja yang kira-kaprah dibutuhkan untuk administrasi di KUA, supaya nanti nggak kelabakan mempersiapkannya

Jangan dipikir mengurus adminstrasi di KUA itu mudah. Di sini juga kamu bakal cukup pusing, dengan dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi. Mulai dari fotokopi ktp, kk, ijazah, ideal foto, hingga materai. Mekanisme administrasi pertama yang semestinya dijalankan adalah mengurus surat pengantar dari RT/RW. Lalu kamu bisa mengurus surat lainnya seperti NI, N2, N4, hingga surat keterangan belum menikah di kelurahan daerah tinggalmu. Sesudah selesai mengurus dokumen-dokumen itu, baru bisa menuju ke KUA kecamatan tempatmu tinggal.

Kan jika sudah tahu urutan serta dokumen apa yang sepatutnya disiapkan, kau tidak repot mencari tahu ke sana-ke sini. Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat mendetail pengurusan surat nikah di sini.

7. Sebab yang mahal bukan cuma hari H-pernikahannya, tetapi bangun rumah tangganya, menabung jadi hal utama
nabung dari kini

Menggelar pesta pernikahan memang memerlukan modal yang cukup banyak. Tetapi, modal pesta nikah sebetulnya masih belum sebanding dengan modal membangun rumah tanggnya sendiri. Kau sudah semestinya memikirkan tempat tinggil setelah menikah, biaya sehari-hari, sampai persiapan untuk anak-anakmu kelak. Kamu perlu mulai benar-benar menabung dari kini. Supaya nanti setelah nikah sudah ada sedikit pegangan untuk ke depannya.

Mengurus pernikahan, ribet memang, tapi toh segala jadi salah satu wujud syukur dari kalian. Sekiranya telah mulai di siapkan dari sekarang, semoga saja dia kencang melamar dan hari H malah segera diatur. Amin ya….


Baca Artikel Terkait Tentang Hantaran Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *